"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Friday, May 20, 2016

Tanda - Tanda Kedatangan Tuhan



"Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!" (wahyu 22:7)


Lima hal yang terjadi dalam menanti-nantikan Pentakosta ketiga

1. Pencurahan Roh Kudus. Kemuliaan Tuhan akan turun secara luar biasa.
2. Tiga generasi (anak-anak, pemuda, dan orang tua) akan dipakai Tuhan secara luar biasa.
3. Goncangan-goncangan akan terjadi.
4. Penuaian jiwa besar-besaran.
5. Second Coming - Tuhan Yesus akan datang segera

I. Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua
Menilai zaman (Lukas 12:54-56)
Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?

Kita percaya hari-hari ini banyak orang yang ahli meramalkan, memprediksi bagaimana terjadinya cuaca, ekonomi, perdagangan, bagaimana penyakit, bagaimana mau perang, mereka ahlinya, tetapi kalau ditanya tentang zaman ini termasuk zaman apa? Mereka banyak yang tidak tahu.

Sesungguhnya mereka suka berbondong-bondong dan mendengarkan khotbahnya Tuhan Yesus, tetapi mereka tidak bisa menilai zaman. Karena itu Tuhan berkata : Hai kamu orang munafik! Inilah pesan Tuhan kepada murid-muridNya. Kita harus tahu menilai zaman.

Kita harus tahu tanda-tanda kedatangan Tuhan Yesus untuk kali yang kedua dan bukan hanya tahu saja tetapi harus memperhatikan benar-benar supaya prioritas di dalam hidup kita benar.

I Yohanes 2:6 berkata "Barangsiapa mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup."

Khotbah Tuhan Yesus tentang akhir zaman (Matius 24&25)

Jadi Tuhan Yesus tahu tentang tanda-tanda kedatanganNya dan akhir daripada segala zaman. Kalau Tuhan Yesus tahu, maka kita juga harus tahu. Sebab itu kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.
Memang Tuhan Yesus juga berkata, "Tetapi tentang hari dan saat itu (tentang kedatangan Tuhan Yesus untuk kali kedua) tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri!" (Matius 24:36). Tetapi hendaknya kita mengenali tanda-tandanya.

Tuhan Yesus sendiri memberikan tanda-tanda akhir zaman sbb :

1. Nabi-nabi palsu, mesias-mesias palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang (Matius 24:5,11,24)
2. Deru perang, kabar tentang peperangan, bangsa melawan bangsa, kerajaan melawan kerajaan (Matius 24:6-7a)
3. Kelaparan dan gempa bumi (Matius 24:7b)
4. Anak-anak Tuhan disiksa, dibunuh, dibenci oleh semua bangsa karena Nama Yesus (Matius 24:9)
5. Banyak orang murtad, saling menyerahkan dan saling membenci (Matius 24:10)

6. Kedurhakaan semakin bertambah, artinya dosa makin bertambah dan kasih kebanyakan orang semakin dingin (Matius 24:12)
Akhir-akhir ini banyak diberitakan tentang LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transgender). Sekarang perkawinan sejenis sudah dilegalkan dan ini sangat-sangat menyakitkan hati Tuhan. Tuhan Yesus sendiri berkata "Kedurhakaan akan semakin bertambah dan kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin." Apakah kita sudah melihat ini semua?

7. Injil kerajaan akan diberitakan ke seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa (Matius 24:14)
Sebuah data menuliskan bahwa jumlah bangsa-bangsa menurut PBB ada 203 bangsa dan semua sudah diberitakan Injil. Tetapi kalau mengenai suku bangsa ini sedang diberitakan dan kita percaya bahwa sebentar lagi akan selesai. Injil kerajaan akan diberitakan ke seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa setelah itu barulah tiba kesudahannya. Apakah kita sepakat kalau ini adalah akhir dari akhir zaman?

II. Tuhan Yesus datang kembali setelah pemulihan segalanya terjadi - Kisah Para Rasul 3:21

Kisah Para Rasul 3:21 "Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabiNya yang kudus di zaman dahulu."

Sekarang Tuhan Yesus tinggal di sorga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa sampai pemulihan segala sesuatu terjadi seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabiNya yang kudus di zaman dahulu.

Pemulihan itu sendiri digolongkan menjadi 3 tahap, yaitu Pemulihan Gereja, Pemulihan Israel dan Pemulihan Kondisi Dunia.

A. Pemulihan Gereja
Gereja adalah Tubuh Kristus, kumpulan dari orang-orang percaya. Seorang hamba Tuhan yang bernama Bill Hamon  membagi reformasi atau pemulihan gereja menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Reformasi Gereja Pertama (4 SM -313 M)
Reformasi gereja pertama adalah untuk melahirkan dan membangun gereja di seluruh muka bumi. Setelah itu, terjadi zaman atau abad kegelapan gereja selama lebih dari 1000 tahun. Dimana di gereja ini sudah tidak seperti gereja mula-mula yang penuh kemuliaan, bahasa roh serta "Sign and Wonders", semuanya itu sudah hilang!

2. Reformasi Gereja kedua (1500-2007 M)
Reformasi gereja kedua adalah untuk memulihkan seluruh kebenaran dan pelayanan kembali kepada gereja yang sudah hilang selama abad kegelapan gereja yang dimulai dengan Martin Luther. Martin Luther adalah orang pertama yang dipakai Tuhan sebagai pelopor Gerakan Reformasi (1500). Selanjutnya Gerakan Injili (1600), Gerakan Kekudusan (1700), Gerakan Kesembuhan karena iman (1800), Gerakan Pentakosta (1900), Gerakan Karismatik (1950), Gerakan Prophetik dan Apostolik (1980), Gerakan orang-orang kudus (2007). Itu semua disebut sebagai Reformasi Gereja kedua.

3. Reformasi Gereja ketiga (2008 - Tuhan Yesus datang kembali)
Reformasi gereja ketiga dimulai dari tahun 2008 sampai Tuhan Yesus datang dan ini adalah akhir di akhir pemulihan gereja. Reformasi gereja ketiga ini hanya meneruskan serta menyelesaikan dari pemulihan segala sesuatu dan membawa transformasi kepada bangsa-bangsa dan kerajaan di dunia sampai Tuhan Yesus datang memerintah di bumi ini menjadi fakta sejarah (Wahyu 11:15).

B. Pemulihan Bangsa Israel


Pemulihan Israel dimulai pada zaman Musa. Saat bangsa Israel dibawa keluar dari Mesir untuk beribadah kepada Tuhan dan diperkenalkan kepada Tuhan.

Pada zamannya Daud, kehidupan bangsa Israel taat beribadah kepada Tuhan, tetapi pada zamannya Salomo, kehidupan bangsa Israel menjadi tidak karuan sampai akhirnya diporak-porandakan oleh Tuhan. Mereja tersebar kemana-mana dan diburu seperti binatang.

Pemulihan mulai terjadi di tahun 1948, dimana Israel resmi menjadi sebuah negara. Dari situlah mereka dikumpulkan dan pemulihan ini terus terjadi. Pemulihan artinya dikembalikan kepada keadaan semula dan lebih baik. Jadi kalau dulu mereka dibawa oleh Musa keluar dari Mesir untuk mengenal Tuhan, sekarang mereka dibawa keluar untuk mengenal Tuhan Yesus dan ini masih terus dalam proses.

C. Pemulihan Kondisi Dunia
Sebelum Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, kondisi dunia ini sangat baik. Tetapi setelah mereka jatuh ke dalam dosa, penguasanya berubah, yaitu iblis! Sehingga dunia menjadi hancur dan tidak karuan. Kejahatan manusia menjadi semakin besar.

Pemulihan pertama sudah dimulai ketika Tuhan Yesus memenangkan kuasa maut. Dia bangkit dari kematian! Dan setelah itu Tuhan Yesus berkata, "Kepada-Ku telah diberikan kuasa baik di sorga maupun di bumi." (Matius 28:18)

Jadi sejak itu sebenarnya kuasa iblis sebagai penguasa dunia sudah dilucuti oleh Tuhan Yesus dan mandat itu diserahkan kepada kita. Seperti tertulis, "Pergilah, jadikanlah semua bangsa murud-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20)

Kuasa itu telah diberikan kepada kita, Tuhan mau supada kita merebut daerah-daerah itu! Artinya adalah memenangkan jiwa-jiwa di seluruh bumi untuk Tuhan Yesus. Pemulihan ini memiliki arti dikembalikan kepada keadaan semula dan menjadi lebih baik. Memang itu adalah hal yang tidak mungkin kita selesaikan, tetapi setiap lutut bertelut dan setiap lidah mengaku Yesus adalah Tuhan itu akan terjadi pada waktu nanti ketika Dia datang kembali untuk kali yang kedua.

III. Keadaan Manusia pada Akhir Zaman - II Timotius 3:1-9



"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri,   mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua  dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi , tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,  suka mengkhianat,   tidak berpikir panjang, berlagak tahu,  lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah  mereka , tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!  Sebab di antara mereka terdapat orang-orang yang menyelundup  ke rumah orang lain dan menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa dan dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu,  yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran. Sama seperti Yanes dan Yambres menentang Musa,   demikian juga mereka menentang  kebenaran  Akal mereka bobrok  dan iman mereka tidak tahan uji.  Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti dalam hal Yanes dan Yambres,  kebodohan merekapun akan nyata bagi semua orang."


Catatan : Yanes dan Yambres adalah nama dua tukang sihir Mesir yang menentang Musa.


Bukankah hari-hari ini kita melihat keadaan manusia seperti ini? Berarti kita berada di akhir dari akhir zaman.

Akan datang masa-masa yang sukar. Mengapa?
1. Karena manusia mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang.
Selfie adalah salah satu tanda manusia mencintai dirinya sendiri, bahkan sampai meninggal hanya demi selfie.

2. Anak-anak akan berontak kepada orang tua.
Di sebuah surat kabar harian KOMPAS beberapa waktu yang lalu menuliskan : "Kalau kita melihat anak-anak muda, anak-anak remaja sekarang, mereka banyak yang tidak hormat kepada orang tua dan orang yang lebih tua serta melecehkan. Padahal 40 tahun yang lalu tidak terjadi hal yang seperti ini." Mereka telah dibutakan oleh dunia.

Apakah kita melihat semua ini terjadi? Bukankah kita berada di akhir dari akhir zaman?

Sebuah buku dari George Barna (Presiden dari The Barna Research Group) yaitu suatu badan riset di Amerika yang menyatakan "Melalui satu penelitian yang komprehensif tahun 1997, kami membandingkan keyakinan, sikap, nilai-nilai dan tingkah laku orang percaya dan orang yang tidak percaya." Dan kesimpulannya, sangat sulit bagi orang Kristen untuk memahami kekristenan karena hanya sedikit saja orang Kristen lahir baru yang meneladani iman yang Alkitabiah.

Mereka melakukan hal yang tidak ada bedanya dengan orang-orang dunia.

IV. Banyak orang akan menyelidikinya dan pengetahuan akan bertambah

Daniel 12:4 "Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan materaikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

Pada waktu nubuatan ini diberikan kepada Daniel, Tuhan berkata: "Meteraikan!" atau "disegel" artinya sebelum akhir zaman banyak orang tidak mengerti akan hal itu. Jadi tanda bahwa itu adalah akhir zaman adalah banyak orang akan menyelidikinya dan pengetahuan akan bertambah.

Akhir-akhir ini banyak orang yang sudah mulai tertarik kepada pelajaran akhir zaman dan tentang nubuatan; serta mereka dibukakan oleh Tuhan tentang arti nubuatan-nubuatan itu.

Penulis buku bernama Tim Lahaye berkata : "Selama 50 tahun saya mempelajari nubuatan dalam Alkitab, dan hari-hari ini begitu banyak orang yang tertarik untuk menyelidiki, baik sekuler maupun orang Kristen untuk tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan." Kemudian ditambah dengan tulisan-tulisan, buku-buku, DVD-DVD dan kaset-kaset yang semuanya mengungkapkan tentang akhir zaman. Ini menambahkan keyakinan bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah semakin singkat!

Dalam bahasa Indonesia, Daniel 12:24 berkata, "...banyak orang akan menyelidikinya dan pengetahuan akan bertambah." tetapi dalam terjemahan King James Version, salah satu terjemahan dari Amplified Bible serta dari bahasa aslinya atau bahasa Ibrani, dikatakan "Tanda dari akhir zaman adalah kalau melihat orang yang 'traveling' itu tambah banyak dan pengetahuan akan makin bertambah."


Bukankah saat ini bandara Soekarno-Hatta Indonesia termasuk bandara tersibuk di dunia? Bukankah sekarang ini banyak orang Indonesia pergi traveling? Ini adalah warning.

TANDA-TANDA YANG HARUS KITA PERHATIKAN

Tuhan Yesus mengingatkan kita tentang 4 hal yang harus diperhatikan di akhir zaman ini, seperti yang tertulis dalam Matius 24-25, yaitu :
1. Kita harus menjadi hamba yang setia, hamba yang baik
Hamba yang setia adalah hamba yang sedang melakukan tugasnya pada waktu tuannya itu datang. Apa tugas mereka? Berjaga-jaga, mempersiapkan diri untuk kedatangan-Nya.

Hamba yang jahat tidak tahu (tentang kedatangan tuannya) atau dia pura-pura tidak tahu, itulah yang disebut sebagai orang yang munafik. Dia memukul teman-temannya dan berkumpul dengan para pemabuk, makan dan minum. Pada waktu tuannya datang, apa yang terjadi?
Hamba yang setia masuk sorga, hamba yang jahat masuk neraka. Biarlah setiap kita masuk sorga karena menjadi hamba yang setia.

2. Jadilah gadis yang bijaksana



Kenapa disebut dengan gadis yang bijaksana? Karena dia membawa persediaan minyak. Minyak bisa diartikan sebagai iman yang sejati, kebenaran. Tapi juga kehadiran Roh Kudus yang terus menerus. artinya iman yang sejati terus dipertahankan. Dia hidup dalam kebenaran dan kondisi penuh Roh Kudus.

Kalau kita sudah mulai kurang bergairah dengan Tuhan, jangan tunggu terlalu lama, harus cepat mengoreksi diri, supaya kita terus dalam kondisi penuh Roh Kudus. Jangan sampai ada yang suam-suam kuku, kalau ada yang suam-suam dan kalau itu berjalan lama, maka pada waktu terdengar peringatan : "Bersiaplah...mempelai akan datang...songsonglah dia..." maka untuk kembali lagi dalam kondisi penuh Roh Kudus akan sangat sulit.



Apa yang terjadi kemudian? 5 gadis yang bijaksana masuk sorga, dan 5 gadis yang bodoh masuk neraka.

Ada banyak orang yang berbicara orang Kristen itu 50% masuk sorga dan 50% masuk neraka. Tetapi itu salah. Itu perumpamaan berbicara tentang 10 gadis yang menanti-nantikan kedatangan Tuhan, pasti ini orang yang sudah lahir baru.
Sekarang dari kekristenan yang 30% ini menurut data, Kristen yang lahir baru itu 25%. Jadi yang mempunya hati menunggu-nunggu kedatangan Tuhan itu hanya 12.5% dari orang Kristen. Setengah dari itu, berarti hanya sekitar 6.25% saja (jumlah 5 gadis bijaksana).

3. Hamba yang melipatgandakan talenta
Talenta adalah kemampuan, waktu, sumber daya termasuk keuangan, kesempatan untuk melayani Tuhan.

Kalau kemampuan, waktu, sumber daya, kesempatan diambil maka tidak akan bisa melayani. Jadi untuk melipatgandakan talenta harus melayani Tuhan. Kita ini diciptakan untuk melayani Tuhan. Untuk menyembah Dia, bukan yang lainnya. Kita cenderung lebih berat kepada karir dari pada melayani Dia. Bertobatlah!

Tuhan itu kalau mau, Dia bisa mengambil segala sesuatu dengan mudah. Jadi jika masih ada kesempatan, layanilah Tuhan dengan sungguh-sungguh.


4. Menjadi domba

Nanti pada waktu penghakiman terakhir akan dikumpulkan kambing dan domba. Kambing di sebelah kiri dan domba di sebelah kanan.

Bagaimana menjadi dombanya Tuhan? Dengan memperhatikan orang-orang yang sengsara, orang-orang yang tidak mampu. Ini yang Tuhan katakan. Kalau kita melakukan itu, Alkitab mengatakan kalau kita memiutangi Tuhan dan Dia akan membalasnya.

Nanti, saat kita bertemu Tuhan, Dia akan berkata : "Engkau, domba disebelah kananku, bersama-sama Aku masuklah dalam Kerajaan Sorga selama-lamanya."

Tuhan Yesus sudah mengingatkan kita tentang 4 hal di atas tadi. Gembala Pembina diingatkan kembali dari II Petrus 3:10-14 :
Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri.  Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh   yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api,  dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup  yaitu kamu yang menantikan  dan mempercepat kedatangan   hari Allah.  Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru  dan bumi yang baru,  di mana terdapat kebenaran.  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda  di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia."

Kita harus hidup suci dan kudus. Kita harus 'berusaha', artinya ada niat yang kuat untuk menjadi tidak bercacat dan tidak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.


Welcome home, My child.

Tangkap baik-baik, bahwa hari-hari ini kita sedang berada di akhir zaman. Prioritas kita harus benar. Biarlah setiap kita diberkati berlimpah-limpah dalam segala hal dan saat ajal menjemput kita akan masuk sorga. Amin.

Pesan Gembala, Dr. Ir. Niko Njotorahardjo

No comments:

Post a Comment