"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Wednesday, September 30, 2015

Tahun Ayin Vav 5776 - Tahun Yobel Besar


TAHUN AYIN VAV 5776 

Dari 13 September 2015 - 3 Oktober 2016, kalender orang Yahudi atau kalender Ibrani memasuki Tahun 5776 atau Ayin Vav (tadinya Ayin Hey – 5775). Ada keistimewaan dari tahun ini, yaitu: 


1.  Tahun Yobel 
      Imamat 25:10, “Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya.” 

Tahun Yobel itu adalah tahun pembebasan, tahun pemulihan. Setiap pria Israel pasti mendapatkan warisan tanah. Tetapi kalau dia jatuh miskin tanah itu boleh dijual, tetapi sifatnya sementara. Sebab pada tahun Yobel tanah itu akan dikembalikan lagi kepadanya. Jadi dikatakan di sini, itu adalah pemulihan dalam bidang ekonomi. 

2.  Tahun Pemulihan Sosial 
     Kalau dia makin bertambah miskin dan sesudah menjual tanahnya masih terlibat hutang, dia bisa melakukan yang kedua yaitu menjual dirinya sebagai budak. Tetapi sekali lagi saya mau beritahu Saudara, menjadi budak ini hanya sementara. Sebab pada tahun Yobel dia dibebaskan dan menjadi orang merdeka. Jadi ada pemulihan dalam bidang sosial. 

3.  Tahun Pemulihan Keluarga 
     Yang ketiga, mereka akan kembali kepada keluarga atau kaumnya masing-masing. Ini adalah pemulihan dalam bidang keluarga. Saudara yang dikasihi Tuhan, saya tidak tahu keadaan Saudara, adakah di antara Saudara yang sedang mengalami masalah dalam bidang ekonomi, bidang sosial, sakit-penyakit dan dalam keluarga? Tetapi saya mau beritahu Saudara, itu semua hanya sementara! Amin! 


Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua sudah sangat sangat dekat

Kalau tahun ini Saudara akan memasuki tahun Yobel, Saudara datang di hadapan Tuhan, Saudara bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus, Dia sanggup dan mau melakukan apa yang kita minta. Tahun ini akan menjadi Tahun Yobel buat Saudara! Saudara akan dibebaskan. Amin! Apakah Saudara mau mengalami tahun pembebasan? 

Apakah Saudara mau mengalami tahun Yobel? Amin! Kuncinya, Saudara datang kepada Tuhan Yesus, bertobat dan minta ampun. Saudara harus koreksi diri dan introspeksi, Pada saat Saudara datang, Dia akan membuka tangan-Nya menyambut Saudara. Katakanlah kepada-Nya, “Ampuni saya Bapa atas segala kesalahan yang saya lakukan selama ini…ampuni saya…ampuni saya. Dan saya percaya Engkau sanggup dan mau melakukan serta menolong saya.” 
      
Kalau itu Saudara lakukan dengan segenap hatimu, tahun ini adalah Tahun Yobel buat Saudara. Engkau akan dibebaskan! Tahun 2015 ini adalah tahun pelipatgandaan mujizat. Amin! 

Saya ingin menginformasikan kepada Saudara,a pa yang dipercaya oleh orang-orang Yahudi yang berada di dalam Yudaisme tentang tahun Ayin Vav (5776). 
      
•  Matityahu Glazerson, 

adalah seorang Rabbi, serta penulis dan ahli dalam sandi-sandi Alkitab. Dan dia menggunakan Gematria, Ilmu kata Ibrani dan juga menggunakan sandi-sandi Alkitab yang dihubungkan dengan kalimat “Tibanya Dengan Segera Mesias Putra Daud.” Dia mendapatkan bahwa tahun Ibrani 5776 dari 3 digit terakhir yaitu 776, memiliki beberapa arti. Salah satu artinya adalah kedatangan Mesias! 

Sandi Alkitab menyatakan kedatangan Mesias adalah setelah berakhirnya Tahun Shemitah (5775). Menurut tradisi orang Yahudi, waktu kedatangan Mesias adalah setelah kedatangan Shemitah (5775). Jadi 5776 ini adalah tahun yang dimaksudkan setelah tahun Shemitah (5775) tadi.


• Chaim Kanievsky

adalah seorang  Rabbi terkemuka di main stream Yudaisme Ultra Ortodox yang berbicara tentang Mesias sepanjang waktu. Sejak perang di Gaza 2014 yang lalu yaitu pada waktu Tetrad yang pertama, Rabbi ini menyatakan bahwa kedatangan Mesias sudah sangat dekat. Ketika ditanya kapan kedatangan Mesias itu, dia menjawab, “Di akhir Tahun Sabbat yaitu akhir Tahun Shemitah.” 

Beberapa orang telah bertanya kepada Rabbi Chaim Kanievsky untuk memverifikasikan hal itu dan dia selalu memberi jawaban yang sama. Dia mendesak supaya umat Yahudi untuk ber-aliah, artinya pulang ke Israel bagi orang Yahudi yang ada di luar Israel.

Itulah 2 (dua) hal yang Tuhan tunjukkan kepada saya dan saya akan memberikan komentar tentang hal ini, yaitu: Saya tidak menyatakan setuju. Saya tidak menyatakan itu benar. Karena yang saya tahu tentang kedatangan Tuhan Yesus, mengenai hari, bulan dan tahun tidak ada seorang pun yang tahu. Dan yang saya tahu bahwa kedatangan Tuhan Yesus itu sudah sangat, sangat sangat dekat. Tetapi ini bisa terjadi, Amin! 
      

Khotbah Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo, Minggu – 6 September 2015 di Senayan. 


Red : Tuhan Yesus bisa datang kapan saja, bisa ratusan tahun lagi, tahun depan, minggu depan atau bahkan malam ini. So, yang terbaik adalah berjaga-jaga seperti lima gadis bijaksana yang memiliki cadangan minyak. God Bless!


No comments:

Post a Comment