"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Monday, October 19, 2009

Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 3

4. Kaki dari besi (iron)
Kerajaan Romawi (200 SM s.d 476 M)


Logam yang terakhir adalah "besi", bahan yang sangat buruk dan murah jika harus dibandingkan dengan kuningan, perak, apalagi jika dibandingkan dengan emas. Tapi besi merupakan bahan paling keras dari ketiga bahan logam sebelumnya, besi meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu. Inilah gambaran kerajaan Romawi, dimana keadaan manusia pada masa ini mencapai titik terburuk dibanding ke tiga kerajaan sebelumnya. Kekejian, brutalitas, pemerasan, penyiksaan (salah satunya adalah hukuman salib yang begitu keji) sangat-sangat umum pada pemerintahan Romawi.

Penglihatan Daniel, "...tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh." (Dan 7:7)

"Dia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu;" pemerintahan Romawi memang berbeda dengan kerajaan-kerajaan terdahulu yang otoriter, sebab kerajaan Romawi ini berbentuk republik dan ada Senat pemerintahan, mereka bersifat demokrasi. Romawi juga merupakan kerajaan konfederasi, yaitu kerajaan yang terdiri dari beberapa kerajaan kecil lainnya.

"...dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan..." Dengan teknik-teknik yang baru dalam peperangan, peralatan perang yang canggih di zamannya dan pasukan dengan disiplin tinggi juga terlatih Romawi menjadi kerajaan yang sangat kuat, ia sangat menghancurkan kerajaan-kerajaan pada zaman itu yang masih mengandalkan teknik perang dan peralatan kuno. Seorang ahli sejarah berkata tentang kekaisaran Romawi : "Melawan berarti maut, sedangkan melarikan diri tidak mungkin." Salah satu korban keganasan kekaisaran ini adalah Israel, menurut buku Cassius Dio, pada tahun 135 M, kaisar Hadrian mengirimkan pasukannya dan melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel, selama serangan berlangsung sedikitnya 50 kota berbenteng diratakan, 985 desa di bumi-hanguskan dan sekitar 580.000 dari sisa-sisa penduduk Yahudi terbunuh.

Ia berusaha menghilangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan ke-Yahudi-an dengan membakar gulungan kitab dan hukum Yahudi di reruntuhan Bait Allah, ia juga mengubah penanggalan Ibrani (Dan 7:25c) dan membunuh ahli-ahli hukum Yahudi. Terakhir kaisar Hadrian mengubah nama Yudea dengan sebuah propinsi/jajahan Syria waktu itu yang bernama "Palestina" (Filistin) untuk menghapus segala ingatan orang tentang Israel dan Yerusalem.

Dua kaki besi, Romawi adalah kerajaan terakhir yang akan memerintah di dunia dan di Israel, Romawi tidak akan ada yang mengalahkan sampai Tuhan datang kembali kelak, namun sejarah membuktikan bahwa kerajaan Romawi ini akhirnya terpecah menjadi dua kerajaan yaitu Romawi Timur (Byzantium) dan Romawi Barat (Konstantinopel). Setelah itu sekitar tahun 476 Masehi, Romawi terpecah menjadi kerajaan-kerajaan tersebut menjadi cikal-bakal negara-negara Eropa sekarang, sedangkan sebagian lagi hilang begitu saja. Sehingga sekalipun tidak ada yang menyerang dan menaklukkan mereka, kerajaan Romawi ini hilang dengan sendirinya.

Lalu bagaimana dengan nubuatan Daniel yang menyebutkan bahwa kerajaan Romawi akan memerintah dunia hingga akhir zaman dan ia akan menjadi kerajaan terakhir hingga Kristus datang ke-dua kali kelak? Bukankah Romawi sudah hancur...?


Zaman Bangsa-bangsa


Kerajaan-kerajaan yang dibahas tadi adalah bangsa-bangsa yang Tuhan pakai sebagai penghukuman atas pelanggaran orang-orang Israel, mereka Tuhan izinkan untuk menguasai dunia dan Israel sebagai alat untuk menekan bangsa Israel supaya bertobat dan kembali mencari Tuhan. Namun dikarenakan penolakan dan ketegaran hati orang-orang Yahudi untuk tetap tidak mau bertobat, akhirnya Tuhan menghentikan sementara peta waktu orang Yahudi ini dan Tuhan mengalihkan keselamatan kepada bangsa-bangsa lain, sehingga 7 tahun sisa waktu yang seharusnya diakhiri oleh kerajaan Romawi (Dan 9:27) distop dahulu, lalu Tuhan sisipkan kurang lebih 2000 tahun zaman bangsa-bangsa, yaitu yang kita kenal dengan zaman Perjanjian Baru, zamannya keselamatan bagi orang-orang kafir (gentiles).

Inilah zaman anugerah bagi Anda dan saya juga bagi seluruh dunia ini, sebab dengan dimasukkannya zaman bangsa-bangsa ini keselamatan dapat diterima oleh siapa saja dengan menerima Yesus sebagai Juruselamat.

"Memang kepada kamulah (bangsa Israel) firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain." (Kisah 13:46)


Romawi itu muncul kembali



Jika sekitar 2000 tahun zaman bangsa-bangsa telah selesai maka kerajaan Romawi yang dahulu trhenti akan dimulai/dipulihkan kembali, yaitu Romawi baru. Ia akan kembali berkuasa atas dunia ini dan akan kembali menguasai Israel, pokoknya semua keadaan pada waktu mereka terhenti akan dikembalikan seperti semula.

Kerajaan ini akan menyelesaikan pemerintahan-nya di sisa waktu 7 tahun nubuatan Daniel (Dan 9:27), Pemulihan Romawi merupakan salah satu "pemulihan segala sesuatu" yang dimaksud dalam Kisah 3:21 "Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu,..." Bersama dengan pemulihan Romawi tersebut akan disertai dengan pemulihan-pemulihan yang lainnya seperti : Pemulihan Israel, Pemulihan Bait Allah, dan Pemulihan Gereja. Jika Saudara melihat segala pemulihan tersebut, perhatikan... Bahwa kedatangan Tuhan sudah dekat!

bersambung..
Buletin Doa Edisi 131


Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Tuhan, saya tahu saya orang yang berdosa, ampuni saya Tuhan. Mulai saat ini saya percaya dan mengundang Tuhan sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya. Masuklah dalam hati saya Tuhan Yesus dan bertakhtalah dalam hidup saya. Mulai sekarang saya akan melakukan semua kehendak Tuhan. Saya adalah milik Tuhan Yesus.
Terima kasih. dalam Nama Tuhan Yesus, saya berdoa.
Haleluya. Amin

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Related posts :

Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 2
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 1
Perang Harmagedon
Rapture bagian ke 3

No comments:

Post a Comment