"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Thursday, February 10, 2011

Kerajaan 1000 Tahun Damai II - bagian 4

Tujuan kerajaan 1000 tahun bagi manusia daging

Hidup di kerajaan yang dipimpin langsung oleh Tuhan sendiri adalah hal yang begitu indah Bagi Orang-Orang KudusNya (yang telah mengenakan tubuh kemuliaan) sebab disitulah manusia dapat bersekutu dengan Allah-nya secara nyata dalam dunia yang begitu sempurna. Akan tetapi bagi mereka yang lahir pada masa itu, yaitu mereka yang masih mengenakan tubuh jasmani/daging, hidup di kerajaan milenium merupakan saat-saat pengujian, yaitu :

* Menguji manusia tentang keadilan

Dari jaman Habel hingga kini, manusia selalu menuntut keadilan. Manusia sering berpikir bahwa jika Tuhan memberikan keadilan maka tidak akan ada kejahatan. Orang berpikir oleh karena ada pembunuhan maka terjadi pembunuhan yang lainnya, atau oleh karena ada kemiskinan maka ada pencurian dan kekerasan, dan manusia berpendapat bahwa jika keadilan ditegakkan, atau jika segala kejahatan dihukum Tuhan dengan segera dan adil maka tidak akan ada orang berani berbuat jahat.

Mengapa Tuhan biarkan orang jahat tetap hidup? Manusia cenderung menuntut dan menuntut tentang keadilan dan menyalahkan Tuhan akan adanya ketidakadilan yang terjadi.

Di dalam kerajaan 1000 tahun yang kondisinya sempurna, Tuhan dan orang-orang kudusNya akan memimpin dunia ini dengan menegakkan keadilan secara sempurna dalam pemerintahan dunia, dan inilah saatnya pengujian terhadap manusia yang selalu menuntut keadilan, apakah mereka akan bersyukur buat keadilan yang telah ditegakkan atau tidak? Sepertinya tidak akan pernah, Firman Tuhan berkata : "Biarpun orang jahat diperlakukan dengan baik, ia tidak juga belajar apa yang benar. Di negara hukum pun ia berlaku curang, dan tak mau mengakui kuasa TUHAN." (Yes 26:10, BIS)

* Menguji hati manusia

Ketaatan dan sikap baik manusia biasanya hanya tampak diluar saja, sedangkan di dalam, yaitu di dalam hati terdalamnya, biasanya bertolak belakang, bahkan cenderung melawan.

Di dalam kerajaan milenium, manusia daging akan terlihat taat beribadah, mereka akan melakukan segala kebaikan sebagaimana selayaknya penghuni kerajaan milenium, akan tetapi dengan berlalunya waktu (1000 tahun) ketaatan dan ibadah seseorang akan teruji, apakah ia akan tetap setia atau lama kelamaan menjadi kendor, sehingga isi hatinya yang terdalam akan muncul.


* Menguji manusia tentang kehendak memilih

Segala sumber kejahatan dan dosa manusia di dunia ini selalu dituduhkan kepada iblis. Hampir semua orang dan agama di dunia ini sepakat bahwa iblis sengaja diciptakan untuk menggoda manusia melakukan dosa.

Bahkan jika kita menonton film kartun, bagaimana jika suatu tokoh hendak berbuat baik maka ada iblis kecil disebelah telinganya yang akan membisikkan kejahatan. Padahal ada satu lagi sumber yang membuat seseorang berdosa selain iblis, yaitu kehendak memilih.
Dari awal diciptakan-nya manusia, Allah mengaruniakan kepada manusia kehendak bebas untuk memilih, yaitu memilih untuk taat kepada Tuhan atau menuruti keinginan hati untuk berdosa (Kej 6:5)

Banyak orang berpendapat bahwa manusia pada dasarnya baik, yang menjadi masalah adalah lingkungannya yang rusak membuat manusia menjadi rusak juga, sebagai contoh berdagang tidak mungkin jujur karena lingkungan mengharuskan demikian jika ingin untung, atau contoh lain yaitu dosa mencontek, itu dilakukan karena memang seluruh siswa melakukannya sehingga seseorang ikut-ikutan mencontek.

Di kerajaan milenium Tuhan menyediakan lingkungan yang sangat baik bahkan sempurna, dan disini akan dibuktikan bahwa pandangan itu benar-benar salah, sebab dalam lingkungan yang sempurna dan tanpa iblis pun sebagian manusia daging terbukti akan tetap berbuat dosa.

"Kemudian, kalau keinginan yang jahat itu dituruti, maka lahirlah dosa; dan kalau dosa sudah matang, maka akibatnya ialah kematian." (Yak 1:15, BIS).
Seperti dijelaskan diatas, bagaimana manusia-manusia daging melakukan pelanggaran hingga tidak mau menyembah Tuhan padahal kita ketahui selama kerajaan milenium tidak ada iblis, semua roh-roh jahat sedang dikurung di jurang maut (Why 20:1).

Jadi di kerajaan milenium, Tuhan sedang menguji hati manusia daging, mereka memilih apakah akan mentaati Tuhan atau tidak. Mereka menjadi orang-orang yang suci hanya karena dikekang, sebab itu pada waktu diuji, diberi kesempatan untuk bebas memilih, mereka memilih menuruti daging. Ini membuktikan bahwa manusia menjadi jahat oleh karena kehendak sendiri, dan bukan karena lingkungan.

* Menguji ketaatan dan iman

Menjadi Kristen turunan tidak menjamin seseorang mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh, hidup diberkati dari lahir tidak menjamin seseorang mensyukuri anugerah Tuhan, mengalami dan melihat kuasa Tuhan dinyatakan tidak menjamin seseorang percaya terhadap pimpinan Tuhan (Lihat bangsa Israel, setelah melihat laut terbelah pun, tidak lama kemudian mereka bersungut-sungut)

Yang terpenting adalah iman dan ketaatan, sekalipun tidak mengerti atau melihat, Abraham, Henokh, Musa, Elia dll, beriman kepada Tuhan padahal apa yang mereka percayai tidak masuk akal, akan tetapi sebagian besar bangsa Israel tidak mempercayai Tuhan sekalipun melihat banyak mujizat.

Demikian juga orang2 jasmani yang hidup/lahir dijaman kerajaan milenium, iman mereka akan diuji apakah akan tetap percaya pada perintah Tuhan dengan iman atau lebih memilih menggunakan pikiran mereka. Sekalipun sudah masuk dalam kerajaan Kristus yang begitu indah dan dipimpin langsung oleh Tuhan kalau tidak beriman percuma saja. Orang Israel, sekalipun telah keluar dari Mesir, sebagian besar dari mereka tewas di padang gurun.

Demikian juga dengan orang2 daging, sekalipun telah mengecap hidup bersama-sama dengan Kristus, sebagian dari mereka tidak akan selamat memasuki surga yang kekal kelak.

Akhir kerajaan 1000 tahun

Kerajaan milenium akan berakhir, setelah genap 1000 tahun kerajaan ini akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya langit, bumi dan segala isinya (inilah yang disebut kiamat), namun berakhirnya kerajaan milenium bukan berarti kerajaan Tuhan tersebut berakhir, sebab kerajaan Tuhan akan berpindah dari bumi yang dipulihkan menuju surga yang kekal untuk selama-lamanya (Luk 1:33).

Orang-orang kudusNya akan tetap bersama-sama dengan Allah di surga untuk selama-lamanya. Bagaimana dengan manusia daging?

Sebelum kerajaan ini berakhir Tuhan akan melepas Iblis untuk sedikit waktu...Tuhan hendak menguji manusia daging untuk terakhir kali, apakah dengan Tuhan sendiri yang menjadi Rajanya dan dengan keadaan dunia yang sempurna ini manusia akan setia kepada Tuhan atau tidak?



Iblis dilepaskan

Why 20:7-8 "Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi..."

Di akhir kerajaan milenium, iblis akan dilepaskan untuk waktu sedikit saja. Tidak diketahui secara pasti berapa lama waktu yang "sedikit" itu secara harafiah, namun dengan waktu yang sedikit itu, iblis berhasil menyesatkan manusia daging "seperti pasir di laut" (Wahyu 20:8)

Pada waktu iblis dilepaskan, ia datang ke bumi ini dengan amarah yang meluap-luap oleh karena telah dipenjara selama hampir 1000 tahun. Iblis tidak sabar lagi untuk segera menarik sebanyak-banyaknya manusia untuk disesatkan menjadi pengikutnya dimana kemudian akan melawan Allah.

Bagi iblis, ini adalah kesempatan terakhirnya untuk membinasakan manusia dan menarik sebanyak mungkin manusia untuk kelak bersama-sama dengan dia ke neraka, tidak ada kesempatan lain lagi, inilah saatnya, sebab setelah ini iblis akan dilemparkan ke dalam neraka untuk selama-lamanya.

Iblis, akan mengerahkan segala kekuatan-nya dalam menipu umat manusia untuk melawan Allah, dan jika kita melihat keterangan diatas tentang dosa-dosa tersembunyi yang dilakukan manusia daging akan berakumulasi sehingga hanya dengan waktu yang sedikit saja iblis dapat menarik banyak manusia jasmani untuk bergabung dengannya dalam peperangan terakhir antara kebenaran dan kejahatan.

Orang yang hidup di kerajaan milenium adalah 100 % orang percaya kepada Kristus, bahkan manusia daging sekalipun, pasti adalah orang-orang yang percaya kepada Kristus, sebab mereka semua adalah orang yang telah melihat behwa Yesus-lah satu-satunya Raja/Tuhan yang ada.

Mereka lahir, hidup, dibesarkan dan dididik dalam lingkungan orang percaya dan kehadiran Kristus secara nyata. Sehingga bagi mereka, Yesuslah Tuhan, mereka tidak mengenal allah lain, sekalipun tahu, hanya dari cerita nenek moyang mereka yang dulu pernah hidup di dunia ini dan lolos melewati masa sengsara besar. Seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan Tuhan seperti air laut yang menutupi dasarnya (Yes 11:11-16, Yer 23:3-4; 30:3-9; 31:3-14).

Mereka mengenal betul akan Tuhan dan murni/polos terhadap pengenalan terhadap Tuhan. Tetapi pada waktu iblis dilepaskan, iblis akan menyesatkan pengertian-pengertian mereka yang murni itu. Iblis membelokkan pengertian2 mereka tentang Allah, Kristus, manusia atau kekekalan sehingga mata mereka terbuka untuk melawan Allah seperti pada waktu Hawa disesatkan iblis untuk memakan buah pengetahuan yang baik dan benar dan disesatkan bahwa jika memakan buah itu Hawa tidak akan mati seperti yang Tuhan firmankan, melainkan akan sama dengan Allah.

bersambung...

Buletin Doa edisi 138
Download versi lengkap Buletin Doa : Disini

Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Bapa, aku berdoa sebab aku percaya kepada Yesus. Aku menyadari sebagai orang berdosa aku membutuhkan Engkau. Ampunilah semua dosa-dosa yang telah kulakukan, baik yang kusadari maupun yang tidak kusadari. Hapuslah semua dosaku dengan darah Yesus, PuteraMu yang Kudus, yang telah mati bagiku di kayu salib. Pimpin hidupku oleh Roh Kudus-Mu. Aku membuka hatiku bagi-Mu, sekarang masuklah dalam hatiku dan tinggal di dalamku. Terima kasih karena Engkau menerima aku sebagai anggota keluarga Sorga dan menjadi anak-Mu. Kepada Bapa aku berdoa di dalam nama Yesus.


Selamat! Anda telah memperoleh jaminan menjadi anggota Sorga. Saat ini, hari ini, nama Anda terdaftar dalam Kitab Kehidupan. Tidak perlu merasa minder atau takut terhadap orang-orang yang dapat mengancam atau mencelakakan Anda karena pilihan kekal Anda.
Hidup dan mati merupakan pilihan pribadi. Dan Anda telah memilih bagian terbaik selama Anda hidup di bumi.

Sampai bertemu di sana!


Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "
Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"

Kerajaan 1000 tahun II-3
Kerajaan 1000 tahun II-2
Kerajaan 1000 tahun II-1
Kerajaan 1000 tahun 7
Kerajaan 1000 tahun 6
Kerajaan 1000 tahun 5
Kerajaan 1000 tahun 4
Kerajaan 1000 tahun 3
Kerajaan 1000 tahun 2
Kerajaan 1000 tahun 1

No comments:

Post a Comment