To every thing there is a season, and a time to every purpose under the heaven (Eccl 3:1)









Friday, August 6, 2010

Kerajaan 1000 Tahun Damai - bagian 6


Yerusalem Menjulang Tinggi

Yerusalem sebagai ibu kota dunia

Why 21:10, "Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah."
Seperti telah dijelaskan di edisi sebelumnya, pada waktu Tuhan Yesus datang dan memulihkan bumi ini, hampir semua topografi dunia ini berubah, termasuk tanah Yerusalem, tanahnya akan menjulang tinggi dan menjadi sebuah gunung, sebab akan menyediakan tempat untuk Yerusalem yang akan turun dari surga sebagai kota kudus, pusat dunia dan tempat bertakhtanya Raja dunia yaitu Yesus Kristus (Wahyu 11:15).


Inilah batu yang menjadi gunung berdasarkan penglihatan Daniel yang akan mengakhiri segala kerajaan dan kekuasaan dunia ini yang akan digantikan dengan kerajaan Kristus atas seluruh dunia (lihat lagi tentang Uni Eropa). "Maka dengan sekaligus diremukkan-nyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi." (Dan 2:35)

Kota ini akan disebut : Yerusalem baru, kota Kudus, gunung Tuhan, gunung Sion dan kota Allah. Kota ini memiliki ciri :
  • Kota yang begitu indah, terbuat dari emas murni, jernih seperti batu permata yang paling indah (Why 21:11)
  • Temboknya tinggi dan dilindungi oleh api Tuhan (Zak 2:5)
  • Penuh sorak sorai dan kegirangan (Yes 65:18)
  • Dipenuhi kemuliaan Allah dan Anak Domba (Why 21:11, 23; 22:5)
  • Tidak ada malam (Zak 14:7), sebab sekalipun malam, kemuliaan Tuhan akan tetap menerangi seisi kota (diluar kota ini siang dan malam tetap berlaku).
Dari kota inilah seluruh kendali dan pemerintahan di muka bumi berpusat. Tuhan Yesus dan orang-orang kudus-Nya sebagai dewan musyawarah Allah, bersama-sama memerintah seluruh dunia dan manusia jasmani. Yerusalem-kota Kudus akan menjadi "markas besar" mereka dalam mengatur dunia. "Sebab disanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud." (Mzm 122:5)
Tidak semua orang bisa masuk ke kota Kudus ini, hanya umat pemenang, Israel sejati (israel jasmani dan Israel rohani, yaitu gereja Tuhan) dan orang-orang pilihan saja. Manusia daging, terutama mereka yang menyimpan kesalahan (Wahyu 21:27) tidak bisa masuk ke kota Kudus, hanya mereka yang tertulis namanya di kitab kehidupan boleh naik ke gunung Tuhan ini.


Yerusalem sebagai pusat ibadah

Selain sebagai tempat memerintah, Yerusalem juga menjadi pusat beribadah bagi seluruh umat manusia kepada Tuhan. Wahyu 22:3-4 "...Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,...

Yerusalem baru ini adalah pengantin perempuan mempelai Anak Domba (Wahyu 21:9), itu berarti bagi orang-orang kudus-Nya, Yerusalem menjadi tempat persekutuan paling intim antara mereka dengan Tuhan Yesus, tidak henti-hentinya mereka memuji, menyembah dan beribadah kepadaNya, pada saat ini umat-Nya dapat melihat langsung Tuhan Yesus (Wahyu 22:4), dan ini merupakan tujuan terakhir dari sejarah penebusan Allah terhadap manusia, yaitu untuk kembali bersekutu dengan manusia seperti pada waktu Ia bersekutu dengan Adam dan Hawa sebelum mereka jatuh ke dalam dosa, tidak ada tirai pemisah antara manusia dan Allah.

Berbeda dengan orang-orang kudusNya, manusia jasmani tinggal di luar kota Kudus-Nya, mereka hidup menempati tanah-tanah super subur di seluruh penjuru dunia. Sekalipun mereka tinggal diluar bahkan jauh dari kota Kudus-Nya, namun dalam waktu-waktu tertentu mereka harus datang ke kota Kudus-Nya yaitu ke gunung Yerusalem. Kedatangan mereka sangat dinantikan Tuhan yang rindu untuk bertemu dengan umat-Nya, mereka datang untuk:
  • Menyembah Tuhan Allah
  • Memberikan persembahan atau kekayaan mereka (Why 21:24)
  • Memberi hormat
  • Beribadah dan merayakan hari-hari raya.
Sekalipun jauh, kedatangan mereka merupakan perjalanan rohani/perjalanan ziarah yang luar biasa, bagi sebagian orang (terutama bagi orang-orang yang dulu diselamatkan Tuhan melewati masa Antikris) saat-saat ibadah dan perayaan ini merupakan saat yang dinanti-nantikan, sebab mereka rindu untuk beribadah, mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yesus buat anugerah-Nya dan buat kehidupan sempurna yang Ia karuniakan kepada mereka di kerajaan milenium (Yes 35:10).

Selama perjalanan rohani, yaitu dari tempat tinggal mereka sampai tiba di gunung Tuhan - mereka tidak henti-hentinya menyanyikan Mazmur 120-134. Mengingat Yerusalem menjulang tinggi, lima belas mazmur ini berjudul mazmur ziarah, yang dalam bahasa Inggris disebut "Songs of Ascents" yang berarti "Nyanyian pendakian". Dengan kerinduan untuk segera bertemu Tuhan Yesus, orang-orang ini berjalan dan mendaki ke gunung Sion sambil menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan, berdoa bagi kesejahteraan Yerusalem dan perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan ... "Mari kita pergi ke rumah Tuhan sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem." (Mzm 122:1-2)


Yerusalem sebagai pusat pengajaran

Yes 2:3 dan Mikha 4:2 berkata : Dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata : "Mari, kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan_Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman Tuhan dari Yerusalem."


Selain untuk beribadah, orang-orang jasmaniah juga akan datang secara berkala untuk mengenal jalan-jalan Tuhan, mereka adalah orang-orang yang lahir pada masa milenium, mereka akan menerima pengajaran dari Tuhan Yesus dan orang-orang kudus-Nya tentang hukum-hukum Tuhan. Orang-orang yang lolos pada waktu masa Tribulasi diantaranya adalah orang-orang yang baru menggabungkan diri dengan Yesus dan orang-orang Israel yang baru menyadari bahwa Yesus adalah Mesias, orang-orang ini tidak mengetahui tentang Injil dan hukum Tuhan, sehingga mereka akan mempelajarinya dari Tuhan sendiri dan dari orang-orang kudus-Nya yang telah penuh dengan pengertian (Kol 2:2 ; Kol 1:26) yang mereka terima pada waktu perjamuan Anak Domba.


Selain itu, orang-orang jasmani yang lahir dimasa kerajaan milenium juga tidak memiliki pengertian dan pengetahuan tentang Injil dan hukum Tuhan, apa lagi tentang karya keselamatan Tuhan terhadap manusia. Mereka-mereka ini jugalah yang akan datang ke kota Kudus untuk mendapatkan pengajaran dari Tuhan Yesus dan orang-orang kudus-Nya.

Yerusalem sebagai pusat kehidupan

Wahyu 22:1 "Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu."

Yehezkiel 47:1-12 "...ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir menuju ke timur;...sepanjang tepi sungai itu ada amat banyak pohon, di sebelah sini dan di sebelah sana... sehingga ke mana saja sungai itu mengalir, segala makhluk hidup yang berkeriapan di sana akan hidup. Ikan-ikan akan menjadi sangat banyak, sebab ke mana saja air itu sampai, air laut disitu menjadi tawar dan kemana saja sungai itu mengalir, semuanya di sana hidup... di sungai itu ada berjenis-jenis ikan, seperti ikan-ikan di laut besar, sangat banyak. Tetapi rawa-rawanya dan paya-payanya tidak menjadi tawar, itu menjadi tempat mengambil garam...Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis; tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat."


Dari kota Kudus mengalir aliran air yang mengalir dari takhta Allah yang memberi hidup dan kesuburan pada segala sesuatu yang tersentuh olehnya (ay. 9-12) sebab berkat-berkat hidup mengalir dari airnya. Tujuan sungai ini ialah membawa hidup berkelimpahan dan kesembuhan dari Allah bagi penduduk sekitar kota Kudus. Sungai ini mirip dengan sungai yang mengalir dari Taman Eden (Kej 2:8-10). Sungai ini penggenapan Firman Tuhan yang berkata : "Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci : Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup" (Yoh 7:38)

bersambung...............
Buletin Doa Edisi 137

Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Bapa, aku berdoa sebab aku percaya kepada Yesus. Aku menyadari sebagai orang berdosa aku membutuhkan Engkau. Ampunilah semua dosa-dosa yang telah kulakukan, baik yang kusadari maupun yang tidak kusadari. Hapuslah semua dosaku dengan darah Yesus, PuteraMu yang Kudus, yang telah mati bagiku di kayu salib. Pimpin hidupku oleh Roh Kudus-Mu. Aku membuka hatiku bagi-Mu, sekarang masuklah dalam hatiku dan tinggal di dalamku. Terima kasih karena Engkau menerima aku sebagai anggota keluarga Sorga dan menjadi anak-Mu. Kepada Bapa aku berdoa di dalam nama Yesus.


Selamat! Anda telah memperoleh jaminan menjadi anggota Sorga. Saat ini, hari ini, nama Anda terdaftar dalam Kitab Kehidupan. Tidak perlu merasa minder atau takut terhadap orang-orang yang dapat mengancam atau mencelakakan Anda karena pilihan kekal Anda.
Hidup dan mati merupakan pilihan pribadi. Dan Anda telah memilih bagian terbaik selama Anda hidup di bumi.

Sampai bertemu di sana!


Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "
Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"

Kerajaan 1000 tahun 5
Kerajaan 1000 tahun 4
Kerajaan 1000 tahun 3
Kerajaan 1000 tahun 2
Kerajaan 1000 tahun 1
Aku datang segera 3
Aku datang segera 2
Aku datang segera 1
Zaman Nuh 5
Zaman Nuh 4
Zaman Nuh 3
Zaman Nuh 2
Zaman Nuh 1
Natal 2009
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 15
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 14
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 13
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 12
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 11
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 10
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 9
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 8
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 7
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 6
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 5
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 4
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 3
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 2
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 1
Perang Harmagedon Rapture bagian ke 3

2 comments:

  1. Pengasuh kabar baik

    Mohon tanya apa dan bagaimana bagian terakhir dari Kerajaan 1000 tahun ini ?

    1. Apakah semua penduduknya pindah ke surga ?
    2. Atau masih adakah yang kembali memberontak ?
    3. Jadi apa tujuan dari Kerajaan 1000 tahun ini ?

    Terima kasih
    Machmud

    ReplyDelete
  2. Halo mac..
    Maaf baru bisa jawab sekarang, soalnya baru aktif lagi :)

    1. Alkitab tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana caranya atau proses kerajaan Kristus di bumi ini akan berpindah ke surga, apakah akan menghilang secara tiba-tiba seperti waktu Tuhan menjemput mempelai-Nya/rapture, atau akan terangkat secara perlahan ke surga seperti waktu Kota Kudus/Yerusalem Baru turun dari surga.
    Tapi yang pasti kerajaan Tuhan akan berpindah dari bumi ke surga untuk hidup bersama-sama dengan Allah selama-lamanya.
    Surga itu menurut orang yang pernah ke sana ya seperti kota dengan emas murni sebagai jalannya dan gerbang mutiara, penghuninya memiliki rumah mrk masing2 karena Kristus yang menyediakan-nya. sehari-hari kerjanya memuji dan menyembah Tuhan dan hidup bersekutu dengan Allah dalam kekekalan.

    2. Dalam kerajaan 1000 tahun, ada ujian-nya, nanti Iblis akan dilepas lagi untuk menyaring manusia.

    3. Tujuan-nya agar manusia mengerti bahwa jalan satu-satunya bagi manusia menjadi benar adalah dengan mempercayakan diri sepenuhnya kepada Kristus dengan iman dan ketaatan penuh.

    Semoga bisa membantu :)

    ReplyDelete