"A thousand may fall at your side,
And ten thousand at your right hand;
But it shall not come near you. " (Psalm 91:7)

Tuesday, August 25, 2009

Rapture bagian 2


Kronologi Rapture

Kejadian rapture terjadi menurut waktu Bapa di Surga, tidak ada seorangpun yang tahu kapan. Kejadiannya begitu singkat. Berikut ini adalah kronologi kedatangan Tuhan di awan-awan :

1. Penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi.
I Tes 4:16a "Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi..."

2. Tuhan Yesus turun dari Surga ke angkasa/langit.
I Tes 4:16b "...,maka Tuhan sendiri akan turun dari Surga..."

3. Orang-orang kudus yang telah mati dibangkitkan dan dikumpulkan di awan-awan.
I Tes 4:16c "... dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit"

4. Orang-orang kudus yang masih hidup akan diubah dengan tubuh kemuliaan dan dikumpulkan di awan-awan.
I Tes 4:17 "sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan."

5. Mereka yang telah berkumpul di awan-awan bersama-sama menyongsong Tuhan Yesus Kristus di angkasa/langit.
Mat 24:30-31 "...Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain."


Apa yang terjadi di angkasa/langit ?

Kejadian di angkasa ini adalah kejadian yang adikodrati, yaitu sesuatu yang di luar apa yang dapat dipikirkan oleh manusia, kita tidak bisa menebak dimana tempat kejadiaannya, segalanya bersifat roh.

1. Persekutuan
Inilah untuk pertama kalinya kita bertemu muka dan muka dengan Tuhan Yesus Kristus. Setiap orang yang diangkat akan bergabung bersama-sama dengan Tuhan Yesus. Betapa berbahagianya Gereja Tuhan pada hari itu, sebab mereka bertemu mempelai pria-Nya yang telah lama dinanti-nantikan.

2. Pujian dan Penyembahan
Sebagai ungkapan syukur sebagai umat yang telah diselamatkan dan dibebaskan dari masa aniaya. Maka ada nyanyian syukur yang besar pada waktu itu (Why 4). Puji-pujian yang mengagungkan Tuhan Yesus terus menerus dinyanyikan oleh Gereja-Nya.

3. Takhta Pengadilan Kristus
II Kor 5:10 "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap rang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat."

Salah satu yang akan terjadi terhadap kita Gereja-Nya pada waktu bersama-sama dengan Kristus di angkasa adalah orang percaya harus memberikan pertanggung-jawaban di hadapan "takhta pengadilan Kristus" (Bematos, Yun), dimana Kristus akan menjadi hakimnya dan akan mengadili SEMUA orang percaya yang ikut dalam pengangkatan. Pengadilan ini merupakan pengadilan yang serius, karena hal itu akan meliputi kemungkinan seseorang "kehilangan", "kerugian" atau akan mendapat malu dan adanya ujian dengan api atas pekerjaan seseorang sepanjang hidupnya (I Kor 3:13-15).
Akan tetapi, pengadilan orang percaya tidak akan meliputi suatu pernyataan hukuman dari Allah.

Segala sesuatu akan terungkap. Kata "menghadap" (phaneroo, Yun) dalam I Kor 5:10 berarti : "disingkapkan secara terus terang atau di hadapan umum." Allah akan menguji dan menyatakan secara terbuka dalam kenyataan yang benar, apa yang tidak pernah terungkap di dunia ini Tuhan akan ungkapkan semua, seperti :

  • Tindakan kita yang tersembunyi (Mark 4:22, Rom 2:16)
  • Watak kita (Rom 2:5-11)
  • Perkataan kita (Mat 12:36-37)
  • Perbuatan baik kita (Ef 6:8)
  • Sikap kita (Mat 5:22)
  • Motivasi kita (I Kor 4:5)
  • Kekurangan kasih kita (Kol 3:18 - 4:1)
  • Pekerjaan dan pelayanan kita (I Kor 3:13)

Perbuatan jahat orang percaya yang telah diakui dalam pertobatan, akan diampuni dalam kaitan dengan hukuman kekal (Rom 8:1), tetapi perbuatan itu masih diperhitungkan apabila dihakimi untuk menerima ganjaran, pahala atau hadiah. "Barangsiapa berbuat kesalahan, dia akan menanggung kesalahannya itu" (Kol 3:25). Akan tetapi segala perbuatan baik dan kasih orang percaya pun akan diingat oleh Allah dan akan diberi pahala (Ibr 6:10), "setiap orang ... kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan" (Ef 6:8)

Pengadilan pun melingkupi pekerjaan/pelayanan seseorang yang tidak sempurna (excellent). II Kor 5:10 "... sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat." Kata "jahat" pada ayat tersebut tidak mungkin mengandung arti sesungguhnya, sebab jika orang tersebut benar-benar jahat pastilah ia tidak akan ikut dalam pengangkatan. Tetapi kata jahat tersebut adalah kakos (Yun) yang juga berarti buruk atau salah. Jadi Pengadilan Kristus juga melingkupi mengadili bagi setiap orang yang melakukan pekerjaan/pelayanan-nya dengan buruk atau salah (tidak excellent). Orang seperti ini akan mendapat malu dan kehilangan pahala akan segala pengorbanan dan pekerjaan karena mereka mengerjakan pekerjaannya secara asal-asalan dan tidak sempurna.

Jadi, jika kita sedang melayani pekerjaan Tuhan atau bekerja di dunia sekuler atau apapun panggilan kita, mari kita lakukan itu dengan sempurna, mari kita kerjakan sebaik mungkin apa yang Tuhan sudah percayakan kepada kita, jangan asal-asalan. Sehingga pada waktu di angkasa kelak kita akan menerima segala pahala dan mahkota kita secara penuh tanpa harus mengalami kerugian dan malu.

I Kor 3:13-15 "Sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api."

4. Perjamuan Kawin Anak Domba
Why 19:9 Lalu ia berkata kepadaku : "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku; "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."


Are You Ready ?





Rapture in the car



Rapture in the Church






Bersambung...

Buletin Doa Edisi 128

Personal Note :
Jadi, mau percaya atau tidak, bukan masalah. Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Tuhan, saya tahu saya orang yang berdosa, ampuni saya Tuhan. Mulai saat ini saya percaya dan mengundang Tuhan sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi saya. Masuklah dalam hati saya Tuhan Yesus dan bertakhtalah dalam hidup saya. Mulai sekarang saya akan melakukan semua kehendak Tuhan. Saya adalah milik Tuhan Yesus. Terima kasih. dalam Nama Tuhan Yesus, saya berdoa. Haleluya. Amin

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"


Rapture bagian 1
Kedatangan Tuhan sudah dekat bagian 2

No comments:

Post a Comment