To every thing there is a season, and a time to every purpose under the heaven (Eccl 3:1)









Wednesday, April 21, 2010

Doa Yabes

www.michaelnoyes.com


Doa Yabes

by Pastor Khong Hee (City Harvest Church, Singapore), Jakarta Januari 2010

I Taw 4:9-10 "Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya : Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya : "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tanganMu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Arti nama Yabes adalah kesedihan (sorrow). Di dalam Firman Allah, sebuah nama itu memiliki arti yang menggambarkan karakter atau masa depan dari orang tersebut. Tetapi kita bisa melihat walaupun arti dari nama Yabes adalah kesedihan atau kesusahan tetapi dikatakan di dalam Alkitab bahwa dia berseru-seru kepada Tuhan dan Tuhan mendengarkan permintaannya dan mempermuliakan dia lebih dari semua saudara-saudaranya.

Yabes memiliki kesaksian yang luar biasa, sama seperti kita manusia biasa, tapi dia bisa melakukan sesuatu yang memuliakan Tuhan. Dia mendesak Tuhan dan dia menerobos.

Doa Yabes

1. Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah.

Kata "memberkati aku" dalam bahasa Ibrani "barak". Doa yang dipanjatkan oleh Yabes tidak hanya sekedar berdoa untuk kepentingannya sendiri, tetapi dia meminta kepada Tuhan agar dia diberkati Tuhan dengan berlimpah-limpah! Saat kita memohon kepada Tuhan seperti Yabes maka Tuhan akan menjawab doa kita, dan kita akan mulai melihat di dalam kehidupan kita bahwa kelimpahan itu disediakan Tuhan kepada kita. Kita akan menyaksikan apa yang kita tabur dan kita tuai, kita juga akan melihat bahwa penyertaan Tuhan semakin nyata di dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Perluas daerahku!

Ini saatnya dimana kita bukan hanya diberkati dengan berlimpah-limpah tetapi kita menjadi berkat bagi banyak orang! Kita sering mendengar banyak hal tentang karya Tuhan di Indonesia. Akhir2 ini Tuhan mulai memakai hamba-hambaNya dengan cara yang luar biasa untuk memberkati bangsa-bangsa termasuk Indonesia.

Kita bukan hanya menjadi berkat atau saksi di Yerusalem, tetapi kita juga menjadi saksi di Yudea, Samaria dan sampai ke ujung-ujung bumi seperti apa yang dikatakan Tuhan Yesus di dalam Kisah Rasul 1:8.

3. Kiranya tangan-Mu menyertai aku!

Hari-hari ini Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya lebih kepada orang2 yang berharap kepada Dia yang menaruh kepercayaannya kepada Tuhan. Tuhan berjanji bahwa dia akan membuka dan membuat jalan pada saat tidak ada jalan. Dia bukan hanya "membuka" jalan tetapi Dia akan membuat jalan itu, kita akan melihat dimana ada jalan buntu, Dia akan membuat jalan baru.

ketika kita berada di padang gurun disana akan ada air, dimana ada pintu yang tertutup selama ini, Tuhan akan membukanya sebab Dia adalah jalan itu sendiri. Yoh 14:6 "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup..." Dia segala-galanya bagi kita.

4. Lindungi aku dari malapetaka!

Allah selalu beserta dengan kita, Firman Tuhan mengatakan bahwa jika Allah bersama dengan kita maka siapa yang akan menjadi lawan kita. Dia akan selalu melindungi kita dimanapun kita berada, karena kita adalah biji mata Allah.

Kunci doa Yabes

Yabes melangkah masuk ke dalam kuasa Tuhan lewat doa. II Taw 7:14 "...jika umatKu, yang atasnya namaKu disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajahKu, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negri mereka."

Jika kita megharapkan sesuatu yang besar terjadi seperti pertumbuhan gereja, kebangunan rohani terjadi, kemakmuran dan keluarga yang bahagia. Semua itu mungkin terjadi jika kita berdoa. Siapa yang harus berdoa? Yang berdoa adalah umat yang atasnya nama-Ku disebut. Jadi Tuhan mengharapkan semua orang kristen untuk berdoa dan merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Salah satu bentuk yang paling besar dalam merendahkan hati adalah dengan berpuasa. Orang-orang Yahudi berpuasa beberapa kali sepanjang tahun. Daniel berpuasa 3 minggu, Musa, Elia, dan Yesus berpuasa selama 40 hari.

Kita tidak mengejar Tuhan supaya kita jadi terkenal dan kaya, tetapi kita mengejar Tuhan untuk mencari wajahNya dan tujuan kerajaan-Nya.

Tuhan berkata, "Aku mau mencari orang karena siapa diri-Ku. Bukan karena apa yang bisa Aku lakukan. Mereka yang mencari Penyembuhnya dan bukan hanya kesembuhannya. Mereka yang amu mencari Pemberi berkat dan bukan hanya sekedar berkat-Nya."

Kerajaan Allah adalah Kerajaan-Nya yang berdasarkan hubungan dan lewat hubungan itu maka kuasa Tuhan, pengurapan Tuhan dan berkat Tuhan bisa mengalir. YAng terpenting adalah kita harus berhubungan dengan sumber kuasa itu di surga.

Mungkin kita merasakan kelelahan, Alkitab berkata bahwa teruna-teruna menjadi lesu, tetapi mereka yang menanti-nantikan Tuhan kekuatannya akan diperbaharui oleh Tuhan.

Kita mempunyai visi yang besar, tetapi Tuhan ingatkan kita untuk mencari Dia dan siapa Dia.

Marilah di tahun ini, kita bertobat dari semua dos-dosa kita apapun yang menjadi pergumulan kita hari-hari ini ambil keputusan untuk bertobat dari dosa-dosa kita maka Tuhan akan memberikan kuasa untuk lepas dari kuasa apapun.

Dan mengubah kehidupan kita dari dalam ke luar. Tuhan di surga akan mendengar dan mengampuni dosa-dosa mereka, Aku akan memulihkan negeri mereka dan mengampuni dosa-dosa mereka. Aku akan memulihkan negeri mereka, kesembuhan kessehatan dan transformasi terjadi. Dan mengubah engkau dari dalam keluar.

Tuhan berkata jika engkau berbalik dari jalan-jalanmu yang jahat. Aku akan mendengar dari surga, aku akan mengampuni dosa-dosa mereka, aku akan memulihkan negeri mereka, kesembuhan, kesehatan, dan transformasi ini semua mungkin.

Tapi itu harus dimulai dari dalam gereja dulu, waktu umat Tuhan mengambil keputusan untuk berdoa.

Maka dari dalam rumah Tuhan akan mengalir sungai yang dahsyat yang akan mengalir dan mentransformasi negara kita.

Dengan berdoa maka kita :

  • Membangun diri kita
  • Memuji dan menyembah Tuhan
  • Bersyafaat dengan Roh Kudus
  • Sedang melakukan peperangan rohani
  • Sedang menerima pewahyuan dari Tuhan.

Pada waktu kitaa berdoa dalam roh, maka manusia rohani kita menjadi kuat. Kita harus lebih banyak berdoa dari hari kemarin.

Jika saudara sudah mengerti tentang berdoa di dalam roh, marilah kita melakukannya. Amin.

Ps. Kong Hee from City Harvest Church




Buletin Doa edisi 135

Kalau yang mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru selamat pribadi, dapat berdoa seperti ini:

Bapa, aku berdoa sebab aku percaya kepada Yesus. Aku menyadari sebagai orang berdosa aku membutuhkan Engkau. Ampunilah semua dosa-dosa yang telah kulakukan, baik yang kusadari maupun yang tidak kusadari. Hapuslah semua dosaku dengan darah Yesus, PuteraMu yang Kudus, yang telah mati bagiku di kayu salib. Pimpin hidupku oleh Roh Kudus-Mu. Aku membuka hatiku bagi-Mu, sekarang masuklah dalam hatiku dan tinggal di dalamku. Terima kasih karena Engkau menerima aku sebagai anggota keluarga Sorga dan menjadi anak-Mu. Kepada Bapa aku berdoa di dalam nama Yesus.

Selamat! Anda telah memperoleh jaminan menjadi anggota Sorga. Saat ini, hari ini, nama Anda terdaftar dalam Kitab Kehidupan. Tidak perlu merasa minder atau takut terhadap orang-orang yang dapat mengancam atau mencelakakan Anda karena pilihan kekal Anda.

Hidup dan mati merupakan pilihan pribadi. Dan Anda telah memilih bagian terbaik selama Anda hidup di bumi.

Sampai bertemu di sana!

Seperti ada tertulis di Ibrani 4:7 : "Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"

Aku datang segera 3
Aku datang segera 2
Aku datang segera 1
Zaman Nuh 5
Zaman Nuh 4
Zaman Nuh 3
Zaman Nuh 2
Zaman Nuh 1
Natal 2009
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 15
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 14
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 13
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 12
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 11
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 10
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 9
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 8
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 7
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 6
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 5
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 4
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 3
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 2
Eropa Bersatu (Pemulihan Romawi) bagian 1
Perang Harmagedon
Rapture bagian ke 3

No comments:

Post a Comment